.

Sabtu, 12 Maret 2011

Apa Itu Extensions Joomla?

Yang dimaksud dengan extension pada joomla adalah :
  1. Template, merupakan struktur utama yang membentuk dan menata tampilan halaman web joomla anda. Template mengandung arti yang sama dengan istilah skin pada aplikasi winamp, atau theme pada system operasi computer anda. Pada template inilah, diatur tata letak, pewarnaan, jenis huruf dan lain sebagainya, sehingga tampilan web joomla anda selalu konsisten terhadap perubahan.
  2. Module, merupakan unit program/ aplikasi yang mempunyai fungsi tertentu untuk memperkaya kemampuan web MS joomla dan dapat ditampilkan langsung pada halaman depan web (front page). Tata letak module ini diatur menurut posisi yang telah tersedia pada sebuah template. Biasanya berbentuk- header, bradcrumb, user 1, user 2, user 3, user 4, content top, content both, left, right, footer, dsb.
  3. Component, adalah unit program/ aplikasi yang mempunyai fungsi lebih lengkap dibandingkan dengan module, terkadang sebuah component disertai dengan fitur bahasa dan database tersendiri, sehingga mampu menyediakan fungsi lebih terhadap website joomla. Component tidak dapat langsung tampil dihalaman depan website seperti layaknya sebuah module, namun component baru bisa dilihat fungsinya jika dihubungkan terhadap sebuah menu.
  4. Plugins, pada joomla versi sebelumnya (joomla 1.0) disebut dengan mambots, yaitu aplikasi khusus yang bekerja dibelakang layar untuk memperkaya kemampuan editor dari joomla, misalnya, melalui plugin, kita bisa menampilkan gambar/ video pada sebuah artikel dengan berbagai efek animasi dan lain sebagainya, dengan hanya menyisipkan perintah-perintah khusus pada editor joomla.
  5. Language, adalah fasilitas yang dimiliki oleh joomla untuk mengakomodasi berbagai bahasa dalam sebuah website. Melalui fitur inilah, website joomla dapat tampil dalam bahasa Indonesia, Inggris, Belanda, dan lain-lain. Sehingga sebuah website yang dibangun menggunakan joomla dapat menjadi multi bahasa.

Lima item diataslah yang disebut sebagai extension pada joomla.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan komentar anda. Atau untuk memperkenalkan blog/ website anda disini.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More