.

Sabtu, 12 Maret 2011

Module Mini Front Page


Module ini digunakan untuk menampilkan sebagian konten yang terdapat dalam website anda dalam bentuk mini. Sehingga memberikan kesan unuik dan atraktif. File modul ini bernama mod_minifrontpage_j15.


Kegunaan :
a.       Menampilkan daftar artikel yang paling banyak dilihat oleh pengunjung website.
b.      Dapat menentukan jumlah artikel yang akan ditampilkan.
c.       Menampilkan/ tidak menampilkan penulis dan tanggal sebuah artikel.
d.      Menampilkan artikel popular berdasarkan waktu tertentu.
e.      Dapat menampilkan dalam bentuk kolom, dengan maksimal kolom sebanyak 4 kolom.




Berikut cara menggunakan module ini :
  1. Install terlebih dahulu module ini dari halaman administrator joomla.
  2. Konfigurasi dan aktifasi, selanjutnya klik menu Extensions -> Modul Manager. Dari dari list modul yang tampil, klik link MiniFrontPage Modul for J!15. Pada bagian detaills (dibawah module type & title) pastikan anda memilih Yes pada pilihan enabled. Sedangkan posisition disesuaikan dengan template yang anda gunakan dan letakkan sesuai keinginan anda.
  3. Perhatikan :


-          Section(s), diisi dengan ID dari section yang kontennya akan ditampilkan pada mini frontpage. ID section dapat diketahui dengan cara, klik menu Content->Section Manager, lihat dibagian sebelah kana nada kolom ID untuk setiap action yang ada.
-          Category(s), sama halnya dengan section diatas, untuk mengetahui ID kategori, klik menu Content->Category Manager.
-          FrontPage Item, apakah anda ingin menampilkan juga artikel yang sudah tampil dihalaman depan atau tidak, sebaiknya pilihan ini anda pilih Hide. Untuk konfigurasi lainnya, saya anggap anda sudah dapat memahaminya.
-          Perhatikan pada bagian Display Format :
Number of columns, diisi dengan jumlah kolom dari halaman minifrontpage yang akan ditampilkan, maksimal 4 kolom.
Number of Articles to Display, diisi dengan jumlah artikel yang akan ditampilkan.
Number of Introtext, diisi dengan jumlah intro artikel yang akan ditampilkan, ingat ! satu intro dalam satu kolom, jika anda set 4 pada bagian Number of colum dan 3 pada bagian number of introtext ini, maka 3 kolom minifrontpage akan diisi dengan 3 intro artikel dan artikel selanjutnya ditampilkan dalam bentuk list judul pada kolom ke 4. Kalau sudah selesai, silakan lihat hasilnya. Jika masih ada yang kurang, silakan sesuaikan denga kebutuhan atau sesuaikan dengan template joomla anda. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk kritik dan sarannya ya…



0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan komentar anda. Atau untuk memperkenalkan blog/ website anda disini.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More